Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Selasa, 03 Januari 2012

Meraih Impian Masuk ITB

Hi, ini merupakan posting pertama saya di blog yang baru ini. Saya mau berbagi pengalaman tentang mimpi saya untuk masuk ITB dengan beasiswa.
Bagi belum tahu, saya adalah seorang pelajar yang masih duduk di SMK. Walau pun masih dini untuk mencari beasiswa kuliah kesini, kesitu, tapi gak ada salahnya toh kalau cari informasi dan gak bayar kan? hehe.
Saya tertarik ke ITB karena banyak yang menilai bahwa ITB itu udah gak diragukan lagi kualitasnya. Mulai dari Kelas Internasionalnya hingga akreditasi Internasional oleh ABET. Uih, makin ngiler aja...

Kemarin-kemarin, saya sempat putus asa melihat rincian biaya yang harus di keluarkan agar bisa melanjutkan kuliah di ITB. Yaitu total 108 juta untuk 4 tahun sarjana, UiHhh dengernya juga buat pusing dan ongkek. Dengan rincian 55jt untuk biaya masuk, dan 5jt/semester. Bingung jadinya kalau begini. Apalagi saya dari keluarga kurang mampu, ibu pendidikan terakhir SMA dan yang lainnya rata2 SMP. Tapi saya berjuang keras untuk memutuskan garis kemiskinan keluarga, semua orang berhak sekolah setinggi-tingginya kan Pak Presiden? Kalau harus aral,mungkin saya akan : semstr. 1 jual motor, semstr. 2 jual motor tetangga, hehe becanda.

Saya mulai browsing di Tante Google.. TADA! Beasiswa bermunculan, Bidik Misi, BIUS (bukan obat) Beasiswa ITB Untuk Semua , beasiswa biaya pendidikan, beasiswa ekonomi lemah, dan banyak yang lainnya. Tapi pikir lagi, itukan Beasiswa untuk yang berprestasi. Aduh makin pusing.. Saya kembali liat raport yang baru dibagikan 1 bulan yang lalu. Walaupun saya masuk 5 besar di semester 3 ini, nilai rata2nya kecil. Saya gak di ambil pusing untuk sekarang, nah kalau udah semester 5 masih jelek juga itu namanya harus pusing... Bahasa sederhananya sih Intropeksi diri dari sekarang. 
Rincian beasiswa di atas.
  • Bidik Misi : 

Bidik Misi merupakan program pemerintah untuk membantu biaya pendidikan bagi yang ekonominya lemah. Tahun ini pun ITB mengikuti program ini. Dengan persyaratan mengikuti SNMPTN 2012 - Jalur Undangan. Sesuai ketentuan berikut:

Akreditasi A (Aksel) : 100% terbaik di kelas
Akreditasi A (RSBI/Unggulan) : 75% terbaik di kelas
Akreditasi A (reguler) : 50% terbaik di kelas
Akreditasi B (reguler) : 25% terbaik di kelas
Akreditasi C (reguler) : 10% terbaik di kelas
Dan Sekolah harus pendaftarkan siswanya ke bidikmisi.dikti.go.id. Syukur, Akreditasi sekolah saya A menuju RSBI.
  • Beasiswa ITB Untuk Semua (BIUS) : 

BIUS ini  diberikan kepada mahasiswa yang memiliki presetasi dengan ekonomi lemah. Dengan ketentuan harus mengikuti ujian SNMPTN 2012 - Jalur Tulis. Ini berbeda dengan Bidik Misi yang memprioritaskan melalui jalur undangan.


Yang saya tergetkan sih BIDIK MISI. Tetapi saya masih bingung dengan ketentuan bahwa Siswa SMA IPA, IPS dan SMK boleh memilih Fakultas Seni Rupa dan Desain, berarti siswa SMK tidak bisa ke Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) atau Teknik Informatika donk? aduh hancur hatiku. Sekarang saya sedang mencari lagi informasi tentang itu. Untuk itu saya mohon do'a nya, semoga saya bisa masuk ke ITB dengan Jalur Beasiswa ini. Dengan upaya yang keras dari sekarang, saya akan mencoba. Saya teringat pepatah dari orang lain yang saya anggap kakak sendiri, "cobalah, maka kamu akan tahu".

Sumber tambahan:
http://www.itb.ac.id/usm-itb/nas-u-1.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar