Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Senin, 30 April 2012

International Organization for Standardization (ISO) SMKN 1 Banjar

International Organization for Standardization (ISO) adalah suatu standar Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang biasanya di aplikasikan untuk perusahaan dan organisasi, perguruan tinggi serta sekolah. ISO ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk memastikan bahwa sistem menghasilkan produk-produk berkualitas.


Penampilan Kelas XI Multimedia
Terbilang cukup telat saya posting artikel ini, karena sempitnya waktu untuk mengumpulkan data-data yang ada. Namun, saya senang dan bangga sudah bisa mengatakan "SMKN 1 Banjar telah ISO 9001:2008". Tepatnya tanggal 8 Maret 2012, SMKN 1 Banjar telah memiliki sertifikat ISO ini. 

Acara penyerahan sertifikat ini berlangsung dengan meriah, karena diisi dengan penampilan kreatifitas siswa-siswi. Mulai dari Bazar, Pentas Seni, Parade Band, Bioskop Sekolah, Stand-Stand Jurusan, dan berbagai penampilan lain selama 2 hari berturut-turut. Saya bertugas di Stand Jurusan Multimedia dan Bioskop Sekolah dengan senang hati, berkeliling bersama beberapa teman untuk mempromosikan stand yang ada. Stand jurusan saya diisi dengan Studio Foto, Percetakan, Pengeditan, Bioskop, dan Pameran karya Jurusan Multimedia.

Musik Perkusi
Bapak Walikota Banjar Dr. dr. Herman Sutrisno MM dan beberapa Kepala Sekolah di Kota Banjar beserta tamu undangan turut hadir dalam penyerahan sertifikat ini. Dengan resmi, sertifikat ISO secara langsung diberikan kepada Walikota Banjar oleh Branch Manager PT TUV Indonesia , setelah itu diberikan Kepala SMK Negeri 1 Banjar Drs. H. An'nur, M.MPd. Seluruh siswa patut berbangga, karena untuk tingkat  SMK di Kota Banjar, SMKN 1 Banjar merupakan sekolah pertama yang mendapat sertifikat ISO 9001 : 2008. 

Serangkaian audit, yakni pre-audit dan audit sertification, yang termasuk di dalamnya pengendalian dokumen, pelaksanaan manajemen review terhadap pelayanan pendidikan di SMK Negeri 1 Banjar telah dilakukan sebelumnya. Hasilnya untuk pelayanan pendidikan sudah memenuhi syarat, sehingga PT TUV Rheinland Indonesia memutuskan mengeluarkan sertifikat sistem manajemen mutu kepada SMK Negeri 1 Banjar. Untuk rinciannya sebagai berikut:


  • adanya prosedur yang mencakup semua proses-proses penting dalam bisnis.
  • adanya pengawasan dalam proses pembuatan, memastikan sistem menghasilkan produk berkualitas.
  • tersimpannya data dan arsip penting dengan baik.
  • adanya pemeriksaan barang yang telah diproduksi, dengan disertai tindakan perbaikan jika rusak.
  • secara teratur meninjau keefektifan tiap-tiap proses dan sistem kualitas itu sendiri.

  • Semoga dengan sertifikat ini bisa memacu lagi semangat kita sebagai SMK terbaik di Kota Banjar. Dan jangan lupa dengan status yang kita sandang ini adalah tanggung jawab yang amat besar. Perlu dukungan dari semua pihak.

    ISO 9001:2008 juga dapat dijadikan acuan untuk memastikan SMKN 1 Banjar siap Menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Sebagaimana dalam Visinya, "Menjadi Sekolah Bertaraf Internasional tahun 2015".

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar