Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Sabtu, 21 April 2012

Tugas Media Pembelajaran Flash Multimedia

Satu tugas Produktif (pelajaran utama Jurusan) yang membuat saya tidak bisa tidur nyenyak setiap malam, akhirnya selesai juga. Walau dengan sedikit keterlambatan, namun saya sudah berusaha melakukan dengan sebaik-baiknya.

Cover DVD Media Pembelajaran




Tugasnya yaitu membuat media Pembelajaran Interaktif menggunakan Adobe Flash, yang di dalamnya terdapat video-video tutorial Multimedia. Videonya harus mencangkup Adobe Flash, Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Adobe After Effect, Camtasia, Adobe Audition dan Corel Draw. Sedikit unfamiliar mungkin bagi anda yang tidak berkecimpung di dunia Multimedia. Tapi saya yakin, ada beberapa software yang pasti anda kenal, contohnya software pengolah foto yang handal Photoshop, dan pengolah grafis vektor Corel Draw.

Menu Utama
Sedikit mengulas, Adobe Flash digunakan untuk membuat animasi , Photoshop untuk pengolah foto, Premiere untuk mengolah video, After Effect untuk pengolah video bentuk 3D, Camtasia berfungsi sebagai perekam layar desktop yang dijadikan tutorial, Audition untuk pengolah suara, dan Corel untuk pengolah gambar vektor. Bagi saya, software-software ini sudah menjadi makanan sehari-hari. Semuanya saling berkaitan dan saling mengisi kekurangan satu sama lain.

Berbagi ilmu sedikit, contoh Action Script untuk Button :
on (release) {
|       gotoAndStop ('opening',1)
|}
Maksudnya, ketika Buttonnya di klik, perintahnya yaitu untuk menuju ke 'Frame 1' di 'Scene' opening.
Begitu pun untuk perintah lainnya. Mengatur Volume suara, mengatur antar Frame, dan sebagainya.

Opening Video
Dalam pembuatan Media Pembelajaran Multimedia ini, saya juga tidak terlepas dari berbagai kesulitan yang sering menghadang. Dapat di ibaratkan "Laksana tembok China yang memblok Ilmu di otak". Karena keseringan mentok di tengah jalan itulah, yang membuat berbagai gejala malas suka muncul tiba-tiba tanpa di undang. Terutama ketika menyangkut bahasa pemrograman yang sulit di mengerti oleh logika, yang akhirnya macet mendadak tidak mau di perintah (baca:error). Coba bayangkan saja, seharian sudah pusing mengutak-atik desain dan mendesain sebuah video serta gambarnya, tiba-tiba sebuah Action Script Flash ternyata error. Aduh, pusingnya bukan kepalang. Sering tersirat dalam pikiran untuk melempar apapun yang ada di hadapan saya. Bahkan laptop kesayangan saya, ingin aku injak-injak. Tapi itu hanya dalam lamunan saja, saya tidak akan berani melakukan hal tersebut pada Laptop ku ini yang selalu menemani hari-hari. Terlalu berharga rasanya jika laptop rusak tanpa dosa akibat amarah saya yang tidak terkontrol.


Namun, semua halangan tadi sudah saya taklukan dengan kemenangan mutlak. Tugas saya sudah selesai, dan saya bisa tidur dengan nyenyak di temani mimpi indah lagi.




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Update Tambahan :
Bagi teman-teman yang berminat membuat desain Pakaian (Jaket, Sporham, Kaos, dll), Logo, Sertifikat, Banner, ataupun Edit Foto lainnya bisa menghubungi saya lewat email di boedak_kazeph@yahoo.com atau Facebook saya Ridwan Fadil ArifSaya jamin murah, harganya bisa di nego (harga pelajar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar