Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Jumat, 09 Maret 2012

Pre-View Film "A Separation"

Lama juga gak update ya... Biasa lagu lama, 'sibuk'.... Tapi gak apa-apa, yang penting ada waktu luang buat nulis di blog kesayangan saya ini... (So tuit!). Artikel Film gan...

Kemarin malam, setalah susah payah download sebuah film berjudul "A Separation" (Perpisahan) yang hampir 4 hari menyita waktu saya, akhirnya dapat di nikmati juga. Alasan utama saya bela-belain download ni film karena Pemenang Piala Oscar di Foregn Film Language 2012. Yo, pastinya keren donk film non-USA bisa nimbrung di Ajang Bergengsi Internasional, apalagi film dari Iran yang sekarang lagi hangat-hangatnya berita terkait Nuklir yang salah satu alasan BBM Subsidi Indonesia dinaikan. Tapi, saya bukan ngobrolin BBM-nya, tapi Filmnya.

Poster A Separation
A Separation (Perpisahan).
Film ini di sutradarai oleh Asgar Farhadi yang berasal dari Persia atau Iran. Film A Separation mendapatkan banyak sekali penghargaan di pentas Internasional, lihat disini.


Sinopsis: Sebagai keluarga middle-class yang hidup di perkotaan Tehran dengan seorang putri berusia 14 tahun, Termeh (Sarina Farhadi ; putri sutradara Asghar Farhadi), Nader (Peyman Moaadi) dan Simin (Leila Hatami) tak punya pilihan selain bercerai saat Simin memutuskan untuk pergi dari Tehran demi kehidupan lebih baik untuk Termeh. Pasalnya, Nader masih merasa memiliki kewajiban merawat sang ayah (Ali-Asghar Shahbazi) yang menderita penyakit Alzheimer dan tinggal bersama mereka. Dengan keadaan rumah yang tidak karuan, Simin lantas merekomendasikan Razieh (Sareh Bayat), seorang wanita relijius dari daerah pinggiran yang tengah hamil untuk bekerja paruh waktu ditemani putri kecilnya membantu urusan rumah tangga sekaligus merawat ayah Nader. 


Film ini sungguh membuat saya melihat "lebih" dari sebuah film biasa. Walaupun harus membaca terjemahan yang panjang karena memiliki komunikasi secara sosial, tidak membuat saya ngantuk ataupun jenuh seperti halnya film lain yang translate-nya super panjang kayak kereta api. Tapi dibalik itu semua, ribuan gagasan tentang sebuah budaya hingga paradigma sudah menyatu sama kuat dengan konflik yang mereka gelar. Tapi, bagi 'mereka' yang kritis terhadap Paras Aktris, Aksi, dan Efek-efek menakjubkan, saya kurang merekomendasikan film ini. Karena pasti akan bertanya-tanya, "Apa maksud dari Film ini?" atau "Kok, endingnya gak jelas ya?".


Saya juga takjub terhadap akting para pemain film ini. Sampai-sampai saya merasa ikut nimbrung dalam film ini. So, jadi referensi film agan-agan y...
Thumbnails Film A Separation



Tidak ada komentar:

Posting Komentar